VISI dan MISI Pondok Pesantren Al-Azhar
VISI
Terwujudnya generasi yang bertaqwa kepada Allah SWT, yang berakhlaq al karimah dan mampu mengemban amanah, mengajak dan mengajarkan kebaikan serta amar ma’ruf nahi munkar
MISI
Mewujudkan cita-cita luhur pesantren berupa:
- Terbinanya mental spiritual santri sebagai wujud penghambaan kepada Allah SWT.
- Terbinanya moral dan etika santri sebagai makhluk sosial beradab.
- Meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta wawasan intelektual Islamiyah hingga terciptanya kader dan pemimpin yang handal dari pesantren.
- Tahfidz al-Qur’an (Anak-anak/Dewasa)
- Tahsin al-Qur’an (Pembinaan bacaan al-Qur’an)
- Kajian Kitab Kuning
- Program Bahasa (Arab dan Inggris)
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta wawasan intelektual santri adalah dengan membuat program madrasah diniyyah. Di sinilah para santri dibimbing dan dibina untuk dapat menguasai pengetahuan dari kitab-kitab klasik (kitab kuning) yang sesuai dengan ajaran Ahl al Sunnah wa al Jama’ah.
Oleh karena semua santri adalah siswa dari unit-unit sekolah formal di lingkungan Yayasan Al-Azhar dari masing-masing jenjang, maka penentuan jenjang Madrasah Diniyyah Al-Azhar disesuaikan dengan jenjang sekolah.
Metode pembelajaran yang diterapkan adalah sorogan (guru membacakan makna/arti, santri menulis), musyawarah, serta muhafadzoh (hafalan).
KURIKULUM PENDIDIKAN
SMP Al Azhar Islamic Boarding School menggunakan metode pengajaran khusus yang menyeimbangkan kurikulum dari Departemen Pendidikan Nasional dengan Kementrian Agama dan Pondok Pesantren, dengan demikian dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai pemahaman mendalam tentang aqidah disertai pengaplikasiannya dan berprestasi akademis tinggi.
Sedangkan kurikulum pesantren adalah sebagai berikut:
MATERI | KELAS ULA | KELAS WUSTHO | KELAS ULYA |
---|---|---|---|
Al-Qur’an | القرآن الكريم | القرآن الكريم | القرآن الكريم |
Bahasa Arab | رأس سيراه | - | - |
Fiqh | سلم التوفيق / فصلاتن | التذهيب / فصلاتن | فتح القريب |
Hadits | الأربعين النووية | مختار الأحاديث | مختار الأحاديث |
Nahwu | متن الأجرومية/ العوامل | النحو الواضح | نظم العمريطي |
Sharaf | الأمثلة التصريفية | الأمثلة التصريفية | الأمثلة التصريفية |
I’lal | الإعلال | - | - |
Qawaid I’lal | قواعد الإعلال | - | - |
Tauhid | عقيدة العوام / رسالة الباجوري | عقيدة العوام /تيجان الدرري | أم البراهين |
Akhlaq | - | أداب العالم والمتعلم / بداية الهداية | تعليم المتعلم / بداية الهداية |
Tajwid | شفاء الجنان | تخفة الأطفال | الجزارية |
Baca kitab | - | سلم التوفيق | فتح القريب |
KEAGAMAAN | INTELEKTUALITAS | SKILL | KURSUS |
---|---|---|---|
Diba’iyyah | Seminar | Jurnalistik | Bahasa Arab |
Manaqib | Bahtsul Masail | Leadership | Bahasa Inggris |
Ziarah makam | Bahtsul Kutub | JQH | Komputer |
Khotmil Qur’an | Dialog Interaktif | Khitobah | Kaligrafi |
Hadrah al-Banjari | MC | ||
Tahlil | Praktek Khotbah | ||
Bela Diri | |||
Imam Yasin dan Tahlil | |||
Khotib Jumat | |||
Imam Tarawikh |
- Asrama
- Ruang kelas yang memadai
- Laboratorium (komputer, bahasa )
- Perpustakaan
- Masjid dan aula
- Sarana olahraga
- Akses internet di semua ruang
- Koperasi dan kantin
- Halaman sekolah yang sejuk dan nyaman.
KEGIATAN HARIAN
JAM | KEGIATAN | ||
---|---|---|---|
03.00 – 04.00 | Sholat Malam didampingi pengurus | ||
04.00 – 05.00 | Sholat Subuh berjamaah di Masjid | ||
05.00 – 06.00 | Tahsin al-Qur’an / Tahfidz al-Qur’an | ||
06.00 – 07.00 | Mandi, sarapan pagi, persiapan ke sekolah | ||
07.00 – 12.30 | Sekolah formal | ||
12.30 – 13.30 | Sholat Dhuhur berjama’ah dan makan siang | ||
13.30 – 15.00 | Ekstra Kurikuler | ||
15.30 – 17.00 | Pengajian Weton | ||
17.30 – 18.00 | Sholat Maghrib berjama’ah | ||
18.00 – 19.00 | Muroja’ah al-Qur’an | ||
19.00 – 20.00 | Sholat Isya’ berjamaah dan makan malam | ||
20.00 – 21.30 | Madrasah Diniyyah / Diskusi / Belajar | sumber:http://alazharmojokerto.sch.id |
Posting Komentar Blogger Facebook