Menu
 


STKIP PGRI Jombang Alamat: Jl. Pattimura III/20 Jombang 61418, Telp. 0321-861319, Fax. 0321-854319 STKIP PGRI Jombang adalah kampus yang mencakup disiplin ilmu pendidikan. Saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik. Sebagai perguruan tinggi, upaya-upaya pengembangan SDM baik karyawan, staf, maupun tenaga pengajar dengan peningkatan kualifikasi pendidikan. Sementara itu, STKIP PGRI Jombang juga mengembangkan sarana dan prasarana yang memadai guna menunjang kelancaran dan memaksimalkan proses pembelajaran.
Sejak berdiri, STKIP PGRI Jombang mempunyai visi menjadi lembaga tinggi kependidikan  unggulan dan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki sikap tanggap dan terbuka terhadap perubahan masyarakat, memiliki kemauan untuk terus belajar, berperan aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia; serta berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila.
STKIP PGRI Jombang secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya dalam perkembangan dunia pendidikan. Melalui penjabaran visi, STKIP PGRI Jombang bertekad untuk menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon-calon pendidik profesional yang terus mau dan mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kependidikan, serta membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan, kemampuan, dan kecakapan non kependidikan  yang menjadi minat mahasiswa.
Selain itu, untuk mengantarkan mahasiswa agar bisa memposisikan diri sebagai calon pewirausaha yang tangguh dan memiliki kepekaan yang tinggi;melalui budaya meneliti, baik di kalangan dosen dan mahasiswa, agar mampu mengambil peran untuk terus memperbaharui berbagai pengetahuan dan kecakapan di bidang ilmu kependidikan serta bidang ilmu lainnya; dan dengan meningkatkan kerja sama dengan institusi lain dalam rangka mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi  bidang kependidikan serta dengan dunia usaha dalam rangka penerapaan hasil-hasil penelitian;, serta bidang ilmu lainnya. Dengan mendayagunakan berbagai sumber daya yang ada di lembaga untuk mendukung pelaksanaan pembangunan, terutama di bidang pendidikan baik di tingkat lokal, regional, dan nasional. 

SEJARAH PERKUMPULAN PENYELENGGARA PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI PGRI (PPLP-PT PGRI) JOMBANG

 

  Perjalanan sejarah PPLP PT PGRI Jombang telah melalui beberapa proses yang cukup panjang. Hal ini disebabkan oleh perkembangan lembaga di bawah pengelolaannya atau disebabkan perubahan peraturan atau perundangan yang mengatur dan harus dilaksanakan.

1. Berdirinya IKIP PGRI Jawa Timur Koordinatorat Jombang

Atas prakarsa beberapa orang anggota xPGRI Jawa Timur, pada tanggal 13 Nopember 1975 berdirilah Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan ( YPLP ) PGRI Jawa Timur yang didirikan dengan akta notaris Anwar Muhayudin, S.H, Nomor 44 tanggal 13 Nopember 1975. Selanjutnya sebagai realisasi kegiatan yayasan, didirikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP PGRI Jawa Timur) berkedudukan di Surabaya.

Melihat kenyataan Surabaya dapat mendirikan lembaga pendidikan tinggi swasta, mendorong beberapa anggota PGRI Jombang mengadakan pembicaraan informal adanya gagasan untuk kemungkinan mendirikan perguruan tinggi di Jombang. Untuk merealisasi gagasan tersebut pada tanggal 10 Januari 1976 Drs. H. Soediyono mengundang orang yang pernah dihubungi dan mendukung gagasan tersebut, bertempat di kediaman Bpk. Drs. H. Soedijono, Tawangsari Jombang.

Pihak-pihak tersebut adalah: Bpk. SOEWITO;Bpk. Drs. HADI MURDIANTO;Bpk. NATUWAR, S.H.;Bpk. ASMOERI, B.A., Bpk. MOELYADI ELLY KUSUMA., Bpk. Drs. SARDJITO; Bpk. Drs. JUPRI ADINATA.

Untuk pertama kali jurusan yang akan didirikan adalah:

a. Jurusan Pendidikan dengan Program Studi Pendidikan Umum.

b. Jurusan Pendidikan Dunia Usaha dengan Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi.

Permohonan ijin operasional ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui KOPERTIS VII Surabaya. Selama menunggu ijin pendirian dari Mendikbud, Kopertis VII mengeluarkan ijin operasional dengan Surat Keputusan Nomor: 85a/I/1976 tanggal 17 Mei 1976, atas dasar ijin operasional tersebut IKIP PGRI Jawa Timur memberi kedudukan pada IKIP Jombang sebagai IKIP PGRI Koordinator Jombang. Pada tahun 1981 keluarlah Keputusan Mendikbud RI Nomor 039/O/1981 tanggal 22 Januari 1981 kedua jurusan tersebut diberikan status "Terdaftar" dengan jenjang " Sarjana Muda".

Tahun 1982/1983 IKIP PGRI Jawa Timur Koordinatorat Jombang membuka jurusan baru yaitu: Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara (PMP & KN) dengan ijin operasional Kopertis VII SK No. 158/Q/1984 tanggal 29 Mei 1984 dengan status/ jenjang Program Diploma 3 (D3).

2. Berdirinya Yayasan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi PGRI Jombang

IKIP PGRI Jawa Timur Koordinatorat Jombang dengan penambahan jurusan yang telah ada berjalan terus sampai tahun 1985. Dengan keluarnya SK Mendikbud RI nomor 070/0/1985 tanggal 18 Februari 1985, secara kelembagaan mengalami perubahan karena harus melepaskan diri dari IKIP PGRI Jawa Timur, dan harus berdiri sendiri, dibawah binaan satu Yayasan.

Menanggapi peraturan yang berlaku, Pendiri/Perintis bersama pengurus cabang PGRI Jombang mengambil keputusan; Tetap meneruskan berdirinya perguruan tinggi yang telah ada, dan ditetapkannya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP); serta mendirikan suatu yayasan menyelenggarakan perguruan tinggi.

Melalui Notaris Linda Puspitadewi, S.H. Jombang, berdirilah Yayasan dengan akta tanggal 1 Juni 1985 nomor 1, yang diberi nama: " YAYASAN PEMBINA LEMBAGA PERGURUAN TINGGI PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA JOMBANG, disingkat YPLPPT PGRI Jb".

Perkembangan selanjutnya Prodi Pendidikan umum keadaan mahasiswa tidak memenuhi syarat terpaksa ditutup (tidak menerima mahasiswa baru), sebagai gantinya, mengusulkan kepada Kopertis untuk membuka program studi baru, yaitu :1) Program studi Pendidikan Matematika; 2) Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Keduanya dengan program S-1, 3) Program studi Pendidikan Teknik Bangunan. dengan program DIII.

Dengan tambahan jurusan baru tersebut maka YPLP PT PGRI Jombang, mengelola Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) dengan jurusan :

I. Program S-1

1. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Program Studi :

a. Pendidikan Dunia Usaha / Koperasi,

b.  Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara (PMP KN).

2. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuaan Alam, Program Pendidikan Matematika.

3. Jurusan Pendidika Bahasa dan Seni Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

II. Program D III

1. Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Program Pendidikan Teknik Bangunan.

Atas dasar Keputusan Mendikbud No. 350/0/1987 tanggal 20 Januari 1987, semua jurusan tersebut diberikan status "Terdaftar". Untuk meningkatkan status dari "Terdaftar" menjadi status " Diakui", pada taun 1992 YPLP PT PGRI Jombang mengajukan permohonan untuk peninjauan status jurusan.

a. Prodi Pendidikan Matematika

b. Prodi Pendidikan Dunia Usaha/Koperasi

c. Prodi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara

d. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Atas dasar, Rekomendasi Kopertis VII di Surabaya nomor 4370/Kop.VII/0/1992 tanggal 12 Oktober 1992 dan Hasil Penilaian Dirjen Dikti. Dikbud RI bulan Desember 1992. Terbitlah SK Dirjen Dikti. Dikbud RI nomor 32/Dikti/Kep/1993 tanggal 21 Januari 1993 yang memberikan status "Diakui" jenjang S1 dengan jurusan:

a. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Prodi Pendidikan Matematika.

b. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Prodi Pendidikan Dunia Usaha.

c. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Pada tahun 1996, status terdaftar jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Prodi Bahasa Inggris, maka berdasarkan, Rekomendasi Kopertis VII nomor 2879/004/KL/1996 tanggal 1 Oktober 1996 dan Hasil Penilaian Ditjen Dikti pada bulan Nopember 1996, status "Terdaftar" jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Prodi Bahasa Inggris diperpanjang selama 5 (lima) tahun. 
 

Hingga sekarang STKIP PGRI Jombang telah menyelenggarakan 6 Program Studi, yaitu:

1. Pendidikan Ekonomi

2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3. Pendidikan Matematika

4. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

5. Pendidikan Bahasa Inggris

6. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

dengan status "Terakreditasi" di setiap jurusannya. Pada pengembangannya STKIP PGRI Jombang akan membuka Program Pascasarjana yang sedang dalam proses pengajuan Ijin Operasional ke Ditjen Dikti. 
Visi:

”Tahun 2020 menjadi lembaga tinggi kependidikan  unggulan dan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki sikap tanggap dan terbuka terhadap perubahan masyarakat, memiliki kemauan untuk terus belajar, berperan aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia; serta berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila”.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon-calon pendidik profesional yang terus mau dan mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kependidikan;
  2. Membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan, kemampuan, dan kecakapan non kependidikan  yang menjadi minat mahasiswa; untuk mengantarkan mahasiswa agar bisa memposisikan diri sebagai calon pewirausaha yang tangguh dan memiliki kepekaan yang tinggi;
  3. Menumbuhkembangkan budaya meneliti, baik di kalangan dosen dan mahasiswa, agar mampu mengambil peran untuk terus memperbaharui berbagai pengetahuan dan kecakapan di bidang ilmu kependidikan serta bidang ilmu lainnya; (4) Menjalin kerja sama dengan institusi lain dalam rangka mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi  bidang kependidikan, serta bidang ilmu lainnya;
  4. Menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan lainnya serta dengan dunia usaha dalam rangka penerapaan hasil-hasil penelitian;
  5. Mendayagunakan berbagai sumber daya yang ada di lembaga untuk mendukung pelaksanaan pembangunan, terutama di bidang pendidikan baik di tingkat lokal, regional, dan nasional. 
Program Studi
1. Pendidikan Ekonomi
2. Pendidikan PPKn
3. Pendidikan Matematika
4. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
5. Pendidikan Bahasa Inggris
6. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

 sumber:http://stkipjb.ac.id
 

Posting Komentar Blogger

 
Top