Menu
 


SD Ar – Rahman Bertempat di Jl. Dr. Sutomo Gg. II/17  Belakang Kantor Kec. Jombang.
SD Ar – Rahman Bekerja sama dengan Unit Pengembangan Sekolah Laboratorium Universitas Negeri Malang  pada tahun ajaran 2009/2010 membuka ICP (International Class Program) Sekolah Standar Internasional (SSI).SD Ar – Rahman memiliki Ijin Penyelenggaraan Sekolah Dasar
Nomor  : 421 / 2106 / 415.30 / 2006
Nomor Induk Sekolah ( NIS )  :  100060
Nomor Pokok Sekolah Nasional ( NPSN ) : 20540249
SD Ar – Rahman dibawahi oleh
Nama Yayasan : Lembaga Pendidikan dan sosial Adz – Dzikri
Tgl dan Nomor Akte Yayasan : 20 Juni 2006,  Adz – Dzikri

Latar Belakang
Peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan tuntutan globalisasi dalam upaya mendukung keberhasilan pembangunan nasional. Ada beberapa pengertian mengenai International Class Program:
  1. Seorang siswa International Class Program adalah individu yang dapat menggunakan dua kemampuan bahasa (Indonesia dan Inggris).
  2. International Class Program adalah pemahaman yang tinggi mengenai kompetensi speaking, reading, dan writing dalam dua bahasa.
  3. Pembelajaran (teaching or learning) International Class meliputi penggunaan dua bahasa dalam pengajaran (instruction)
Tujuan Program
Tujuan umum International Class Program adalah untuk meningkatkan kemampuan lulusan yang  dapat melanjutkan studi ke Sekolah Bertaraf  Internasional atau studi ke luar negeri.
Sekolah Dasar Ar-Rahman sebagai lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk mencetak generasi Islam yang diharapkan mampu berpikir kritis, analitis, dan fleksibel dalam menghadapi era globalisasi ini. Dengan dasar itulah maka Sekolah Dasar Ar-Rahman memutuskan untuk mengadakan kerjasama (MOU)  dengan UPSL Universitas Negeri  Malang.  Pada  tanggal 23 Pebruari 2009, dilaksanakanlah penandatanganan MOU antara Sekolah Dasar Ar-Rahman dengan UPSL Universitas Negeri Malang.
Tujuan dari kerjasama ini adalah membentuk kelas internasional (International Class Program) yang berbasis Cambridge. Kelas ICP terbentuk dimulai pada tahun ajaran 2009/2010 pada kelas I. Proses pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan konsep ICP, yakni menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Media dan alat belajar yang dipakai pun berbasis IT dengan memanfaatkan internet dan sumber belajar lain yang relevan.  UPSL Universitas Negeri Malang  berupaya memberikan berbagai akses dan pelatihan untuk mewujudkan kelas ICP tersebut.
Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya diperlukan kerjasama antara lembaga pendidikan, masyarakat, dan instansi terkait. Semoga dengan adanya kerjasama ini,Sekolah Dasar Ar-Rahman dapat menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mampu mencetak agen-agen perubahan untuk masa depan yang lebih baik.
SD Ar – Rahman mempunyai Visi yaitu menjadi lembaga profesional untuk mendidik siswa berpengetahuan, berteknologi, kompetitif, menguasai IQ, EQ, SQ  dan life skill yang dapat memakmurkan bumi  :
- * –  Memiliki manajemen Berbasis Sekolah
- * –  Memiliki kerjasama dengan Stake Holder
- * – Memiliki lingkungan yang konduktif untuk belajar
- * – Memiliki sistem operasional Prosedur
- * – Memiliki sistem kurikulum SII (Sekolah Standar Internasional)
- * –  Memiliki sistem pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
- * –  Memiliki sistem menuju sikap kompetitif era globalisasi
- * –  Memiliki sistem untuk mengembangkan IQ, EQ, SQ, dalam aspek kehidupan
- * –  Memiliki sistem untuk mengembangkan life skil
- * – Memiliki sistem yang dapat mengembangkan potensi siswa untuk dapat mengembangkan cinta bumi dan seisinya
SD Ar – Rahman mempunyai Misi yaitu melaksanakan manajemen transparan dan partisipatif  :
- * – Membangun sarana prasarana yang aman, nyaman, bersih dan rindang
- * – Memanfaatkan lahan untuk pertanian dan peternakan
- * – Membuat  Standar Operasional Prosedur Ar – Rahman
- * – Melaksanakan kurikulum tingkat satuan pendidikan
- * – Mengadopsi kurikulum internasional
- * – Melaksanakan pembelajaran dengan Bilingual
- * – Melaksanakan penilaian model sekolah internasional
- * – Melaksanakan pembelajaran dengan SCEIJOLL (Student Creative, Efektif, Inovatif, and Joyful learning)
- * – Melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi
- * – Melaksanakan dan mengikutsertakan dalam olimpiade-olimpiade
- * – Melaksanakan Bakti Sosial dan hari nasional
SD Ar – Rahman mempunyai Motto :
Menjernihkan hati dan mengoptimalkan Kecerdasan 


SISTEM PENDIDIKAN
1.  Full Day Education, pendidikan sepanjang hari, dengan tujuan untuk  :
*  Menempatkan anak, guru, orang tua, masyarakat dan lingkungan sebagai model pendidikan yang berkesinambungan yang tidak terbatas antara waktu, tempat dan sumber makna belajar
*  Bermain sambil belajar adalah tulang punggung dalam pendidikan, dimana setiap orang bisa memaknai apapun kegiatan yang dilakukan adalah belajar yang dilakukan sepanjang masa dan sepanjang hayat
*  Menempatkan anak pada suatu lingkungan pendidikan yang memiliki nuansa kehidupan Islami secara maksimal baik kuantitas maupun di sekolah, rumah, dan dimanapun dia berada
*  Anak dapat berinteraksi lebih baik, dengan para pendidik di lingkungan masyarakat organisasi pembelajaran, sehingga transformasi nilai dan ilmu dapat lebih optimal
*  Meminimalkan dampak negatif dan memunculkan dampak positif pada diri anak yang timbul dari semakin deras dan transparansinya arus informasi dan budaya
*  Menanamkan Kedewasaan berfikir bagi orang tua, guru, anak dan masyarakat, karena menjadi tua itu pasti, dan menjadi dewasa itu pilihan. banyak terjadi orang yang berumur tua tetapi tidak bisa bertingkah laku secara dewasa
2.  Terpadu, adanya keterpaduan dalam hal  :
*  Materi : Kurikulum buku nasional (KTSP) yang berlaku dengan sistem pendekatan islami, melalui integralisasi antara pendidikan agama dan umum diperkaya oleh kurikulum yayasan sesuai dengan kebutuhan
*  Pembinaan : Adanya kesesuaian dan kesinambungan pembinaan antara orang tua, sekolah dan masyarakat
*  Operasional : Senantiasa memperhatikan dan mengembangkan secara optimal seluruh potensi yang dimiliki anak didik baik intelegensi, emosi, religi, maupun kreativitasnya
*  Penilaian : Adanya sistem penilaian terprogram dan terstruktur untuk memperoleh penilaian kognitif, afektif dan psimotorik yang proporsional
Waktu sekolah 5 hari efektif mulai jam 07.00 – 14.00, hari sabtu dan minggu libur, tetapi murid-murid dapat tugas terstruktur. kegiatan ekstrakurikuler dilakukan pada hari antara Senin – Jum’at
  1. FullDay Education, pendidikan sepanjang hari, dengan tujuan untuk:
¨       Menempatkan anak, guru, orang tua, masyarakat dan lingkungan sebagai model pendidikan yang berkesinambungan yang tidak terbatas antara waktu, tempat dan  sumber makna belajar.
¨       Bermain sambil belajar adalah tulang punggung dalam pendidikan, dimana setiap orang bisa memaknai apapun kegiatan yang dilakukan adalah belajar yang dilakukan sepanjang masa dan sepanjang hayat dengan pendekatan pembelajaaran 
¨       Menempatkan anak pada suatu lingkungan pendidikan yang memiliki nuansa kehidupan islami secara maksimal baik kuantitas maupun kualitas di sekolah, rumah dan dimanapun dia berada.
¨       Anak dapat berinteraksi lebih baik dengan para pendidik di lingkungan masyarakat organisasi pembelajar, sehingga transformasi nilai dan ilmu dapat lebih optimal.
¨       Meminimalkan dampak negatif dan memunculkan dampak positif pada diri anak yang timbul dari semakin deras dan transparansinya arus informasi dan budaya.
¨       Menanamkan kedewasaan berfikir bagi orang tua, guru, anak dan masyarakat karena menjadi tua itu pasti, dan menjadi dewasa itu pilihan. Banyak terjadi orang yang berumur tua tetapi tidak bisa bertingkahlaku secara dewasa.
  1. Terpadu, adanya keterpaduan dalam hal:
¨       Materi: Kurikulum baku nasional (KTSP) yang berlaku dengan sistem pendekatan islami, melalui integralisasi antara pendidikan agama dan umum diperkaya oleh kurikulum yayasan sesuai dengan kebutuhan.
¨       Pembinaan : Adanya kesesuaian dan kesinambungan pembinaan antara orang tua, sekolah dan masyarakat.
¨       Operasional: Senantiasa memperhatikan dan mengembangkan secara optimal seluruh potensi yang dimiliki anak didik baik intelegensi, emosi, religi maupun kreativitasnya.
¨       Penilaian: Adanya sistim penilaian terprogram dan terstruktur untuk memperoleh penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik yang proporsional.
¨       Waktu sekolah 5 hari efektif
GAMBAR MODEL FUL-DAY EDUCATION
KURIKULUM


FULL-DAY EDUCATION
SEKOLAH                                                                ORANG TUA & MASYARAKAT



KOMPETENSI AKADEMIK,
NON AKADEMIK,
AKHLAKUL KARIMAH, LIFE SKIL

KETERANGAN FULL DAY EDUCATION:
1. Sekolah merupakan tempat yang menyenangkan bagi siswa untuk bermain sambil belajar. Sehingga aturan-aturan yang dibuat harus berdasar kebutuhan siswa bukan kebutuhan sekolah, tetapi tidak terlepas dari nilai-nilai islam dalam pengembangannya.
2. Kurikulum merupakan acuan materi yang digunakan dalam pengembangan siswa untuk mencapai kompetensi akademik, non akademik, keislaman, life skill. Kurikulum yang dikembangkan dari pemerintah, khas yayasan, life skill dan kebutuhan.
3. Orang tua dan masyarakat merupakan pemanfaat dan penilai dari hasil suatu lembaga pendidikan dalam pengembangan kurikulumnya. Sekolah dikatakan baik oleh masyarakat apabila murid-murid dapat melaksanakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain yaitu orang tua dan masyarakat, mereka bisa sebagai penyejuk mata dimanapun dan kapanpun untuk siapapun. Tanpa meninggalkan identitas anak yang kadang-kadang bertingkah dan berfikir yang luar biasa aktif dan kreatif.
4. Sekolah bisa dikatakan baik apabila siswa-siswa memiliki kompetensi akademik, non-akademik, akhlakul karimah dan life skill. Semuanya ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
5. Komunitas sekolah adalah bangunan dari komunitas sosial dimana dalam interaksi di sekolah, sikap saling menghormati, bekerjasama untuk memecahkan suatu permasalahan adalah mutlak diperlukan dalam kesuksesan. Sikap saling menghormati ini dicerminkan dengan anak-anak bersekolah tanpa melihat latar   belakang temannya adalah sesuatu yang harus disyukuri tanpa menonjolkan asal usul orang tuanya, pangkat, kekayaan dan lain sebagainya.
 sumber:http://sdarrahman.wordpress.com

Posting Komentar Blogger

  1. adakah hapalan Alqur'an nya? sayang sekali kalau tidak ada.. karena misi dan visi SD ini bagus

    BalasHapus

 
Top