Menu
 

Gelar Gebyar Olimpiade Sains dan Lomba Seni
Sekilas tentang Ponpes Al-Amin
Pondok Pesantren Al-Amin adalah Lembaga Pendidikan Islam berpaham Ahlussunnah Wal Jama’ah yang mengintegrasikan antara kurikulum nasional dan kurikulum pesantren yang menjadikannya khas dan unik sehingga berbeda dengan lembaga-lembaga pendidikan yang lainnya. demi mewujudkan generasi terbaik bangsa yang tangguh, berpengetahuan luas, dan berakhlak mulia.
Pondok Pesantren Al-Amin memiliki 3 keunggulan jika dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang lain. Yaitu, keunggulan bahasa, keunggulan memahami kitab kuning (kutubul mu’tabaroh), keunggulan kepemimpinan. Keunggulan bahasa Pondok Pesantren Al-Amin dibangun dengan menciptakan lingkungan berbahasa yang kondusif. Sehingga santri dapat belajar berbahasa Arab ataupun Inggris dengan mudah. Keunggulan memahami kitab kuning Pondok Pesantren Al-Amin dibangun dengan pengkajian kitab-kitab klasik ulama’-ulama’ salaf yang telah menjadi rujukan bagi umat muslim di berbagai penjuru dunia di setiap hari dari pagi hingga sore. Sedangkan, keunggulan kepemimpinan dibangun dengan adanya berbagai pilihan organisasi yang dapat diikuti oleh santri. Seperti, Ekstrakurikuler Santri Ma’had Al-Amin (EKSAM), dan juga Organisasi Santri Ma’had Al-Amin (OSMA).
Alumni Pondok Pesantren Al-Amin pun sudah tersebar dalam berbagai profesi dan menempati posisi penting di bidangnya masing-masing. Banyak alumni Pondok Pesantren Al-Amin yang dapat menembus berbagai perguruan dalam dan luar negeri. Beberapa alumni pondok pesantren Al-Amin kini sedang menempuh studi di beberapa institusi pendidikan terkemuka di luar negeri, seperti: Florida Institute of Technology di Amerika Serikat, dan Global University di Lebanon. Ada pun di dalam negeri, alumni Pondok Pesantren Al-Amin tersebar ke berbagai perguruan tinggi favorit seperti, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Pendidikan Indonesia dan lain-lain. Selain itu, tidak sedikit pula yang memperdalam ilmu agamanya di pesantren-pesantren yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, seperti pondok pesantren Lirboyo dan Ma’had Aly.
Saat ini, Pondok Pesantren Al-Amin menggelar serangkaian kegiatan besar, meliputi Seleksi Penerimaan Santri Baru (SPSB), Al-Amin Intelligence Elementary School (ALIES) 2017, dan Al-Amin Art Competition (AAC) 2017. Ketiga kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun oleh Perkumpulan Pendidikan dan Sosial Al-Amin (PPSA) dan Organisasi Santri Ma’had Al-Amin (OSMA. Pada tahun ini kegiatan ini diselenggarakan hampir bersamaan. ALIES dilaksanakan tanggal 5 Februari 2017, dilanjutkan dengan AAC pada tanggal 26 Februari 2017. Sedangkan SPSB baru dilaksanakann tanggal 18-19 Maret 2017. Namun, pendaftaran untuk ketiga kegiatan ini dimulai sejak awal Januari.

SPSB  (Seleksi Penerimaan Santri Baru)
Pondok Pesantren Al-Amin kini telah membuka  pendaftaran Seleksi Penerimaan Santri Baru (SPSB) tahun ajaran 2017-2018. Pendaftaran SPSB terdiri dari dua gelombang. Pendaftaran SPSB gelombang I dibuka pada tanggal 7 Januari-16 Maret 2017 dan akan dilanjutkan dengan tes seleksi pada tanggal 18-19 Maret 2017. Sedangkan pendaftaran SPSB gelombang II akan dibuka pada tanggal 22 Maret-11 Mei 2017 dan dilanjutkan dengan tes seleksi pada tanggal 13-14 Mei 2017. Bagi para pendaftar SPSB gelombang I akan berkesempatan mendapatkan subsidi biaya pendidikan jika calon santri mampu memenuhi standar nilai peraih subsidi yang telah ditentukan oleh lembaga.

ALIES (Al-Amin Intelligence Elementary School)
ALIES merupakan olimpiade untuk siswa SD/MI sederajat se-Jawa Timur. Olimpiade yang dilombakan adalah Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Target peserta ALIES adalah siswa SD/MI berprestasi kelas 4 hingga kelas 6. Pendaftaran ALIES dibuka tanggal 3 Januari 2017 dan ditutup tanggal 5 Februari 2017. Peserta yang mengikuti olimpiade adalah satu grup yang terdiri dari 2 orang. Selain olimpiade, ALIES juga menyediakan fasilitas hiburan yang terdiri dari bazaar, pameran sains, pameran kaligrafi, dan café. ALIES bertempat di Pondok Pesantren Al-Amin putra (Jl. RA Basuni, No 18 Japan, Sooko, Mojokerto)

AAC (Al-Amin Art Competition)
Adapun AAC merupakan kompetisi seni yang digelar oleh OSMA putri. Kompetisi ini ditujukan pada siswa – siswi SD/MI dan TPQ se-Jawa Timur.  Perlombaan yang digelar meliputi MTQ, kaligrafi, Pidato Cilik Al Amin (PICKA), deklamasi puisi, dan menggambar. Tidak jauh beda dengan ALIES, AAC juga menyediakan fasilitas hiburan agar peserta lomba tidak jenuh Berbeda dengan ALIES, AAC merupakan lomba untuk perseorangan/pribadi. Lokasi AAC tahun ini adalah di pondok pesantren Al-Amin putri (Jl. Surodinawan No.03 Prajuritkulon Mojokerto). (bas/abi)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi
SPSB               : 0856-4889-9426 (Akhmad Afif Hidayatullah)
ALIES            : 0856-0804-1907 (Yakhya)
AAC               : 0857-8586-5028 (Izzah)
:

Posting Komentar Blogger

 
Top