Menu
 


SMP Negeri 9 Mojokerto berdiri tahun 2000, berada di Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari. Letak sekolah di jalan Semeru 50 Mojokerto Telp/fax:0321-323812 yang berdekatan dengan instansi pemerintah, pemukiman warga masyarakat dan juga berada di tengah kota yang sangat strategis, karena dilalui oleh semua jalur transportasi, sehingga mudah dijangkau oleh siswa dan masyarakat .
Minat masyarakat untuk bersekolah di SMP Negeri 9 Mojokerto tergolong tinggi, hal ini juga dapat memberi gambaran bahwa Perkembangan kesadaran penduduk akan pentingnya pendidikan semakin tinggi. Warga masyarakat yang bersekolah di SMP Negeri 9 Mojokerto memiliki pandangan bahwa SMP Negeri 9 Mojokerto memiliki pelayanan yang memadai dari berbagai bidang yang berbasis IT didukung sarana dan prasarana yang memadai serta lingkungan sekolah sehat tingkat nasional dan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkunan yang sangat kondusif untuk kegiatan belajar.
Prasarana pendidikan, peralatan pendidikan yang dimiliki oleh SMP Negeri 9 Mojokerto telah diupayakan terstandar yang berbasis IT. Ditiap kelas telah disiapkan TV, DVD player, komputer, dan internet, laboratorium IPA, laboraturium komputer, dan laboraturium bahasa serta ruang UKS. Media pembelajaran multi media yang dimiliki terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa yang terus berkembang. Ruang perpustakaan dan jumlah buku perpustakaan yang koleksi bukunya terus ditambah dan secara terus menerus menjalin kerja sama dengan berbagai mitra demi terpenuhinya buku koleksi untuk para siswa. Koperasi siswa, kantin sekolah yang berjumlah 5 stan yang dikelilingi tanaman penghijauan yang rindang dan taman yang telah ditata sebagai taman belajar sekaligus untuk beristirahat serta bermain.
Tahun 2007, Depdiknas telah menetapkan sejumlah SMP di Indonesia menjadi Sekolah Berstandar Nasional ( SSN ), dan SMP Negeri 9 Mojokerto ditunjuk sebagai salah satunya dengan SMP lainnya. SMP Negeri 9 Mojokerto memiliki 4 rombel untuk setiap kelas 7, 8 dan 9 dengan peserta didik tiap kelas rata-rata 40 siswa. Untuk itulah keberadaan siswa yang memiliki potensi kecerdasan lebih tersebut perlu adanya upaya solusi pelayanan pendidikan yang memungkinkan dapat mengembangankan potensinya secara optimal.


Pengembangan SMP Negeri 9 Kota Mojokerto yang berada di SMP dengan memanfaatkan bangunan yang ada sebagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) dan penambahan Laboratorium serta bangunan sarana penunjang yang sudah terealisasi.
Era Globalisasi membawa dampak persaingan semakin tajam di satu sisi membuka peluang kerjasama yang lebih luas untuk memenangkan persaingan, sedangkan di sisi lain keunggulan komperatif menjadi kurang dapat diandalkan lagi, sehingga memaksa Lembaga untuk berusaha memiliki keunggulan Kompetitif, Kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang pada akhirnya sektor pendidikan harus mampu menjawab tantangan tersebut.
Kondisi Riil SMP Negeri 9 Kota Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2006 / 2007 dengan jumlah siswa 412, Tenaga Pendidik 32 orang dan Tenaga Kependidikan 5 orang, sedangkan rencana Penerimaan Siswa Baru ( PSB ) Tahun Pelajaran 2007 / 2008 sejumlah 216 siswa, Prediksi pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik dari Rekruitmen CPNS sejumlah 4 orang.
Oleh karena itu keberhasilan dan kegagalan program pendidikan dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan Nasional sangatlah dibutuhkan Kreativitas, Motivasi dan Inovasi Lingkungan warga sekolah.

Dalam kedudukan tersebut SMP Negeri 9 Kota Mojokerto dihadapkan dengan 2 ( dua ) tantangan secara bersamaan yaitu :
a. Tantangan untuk mengantisipasi lingkungan dalam aktivitas sekolah.
b. Tantangan untuk menuntaskan program Kurikulum edisi 2004 yang Berbasis Kompetensi.

B. Tujuan
Pelaksanaan penerimaan Dana Block Grant yang teralokasi pada penambahan bangunan dan pengadaan sarana untuk menunjang pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) antara lain :
a. Peningkatan sarana Infrastruktur dan Laboratorium
b. Penambahan sarana dan prasarana penunjang


Sarana dan Pra-Sarana SMP Negeri 9 Mojokerto

NoPeruntukan GedungJumlah
1Ruang Kepala Sekolah1
2Ruang Kepala TU1
3Ruang Tata Usaha1
4Ruang Guru1
5Ruang BK/BP1
6Ruang Belajar12
7Laboratorium IPA1
8Laboratorium Komputer / Internet1
9Laboratorium Bahasa1
10Ruang Perpustakaan1
11Ruang Musik / Kesenian Daerah1/1
12Ruang Koperasi Siswa1
13AULA1
14Gudang1
15Ruang Koperasi Guru dan Karyawan1
16Mushola1
17Kantin3
18Ruang Penjaga Sekolah1
19Toilet/WC14
Ekstrakurikuler yang terdapat di SMP Negeri 9 Mojokerto antara lain:

  • PMR
  • Pramuka
  • Seni Tari
  • Conversation
  • Basket
  • Futsal
  • Bola Volley
  • Badminton
  • Renang
  • Desain Grafis
  • Jurnalistik
  • Kewirausahaan
 sumber:http://smpn9mr.blogspot.com

Posting Komentar Blogger

 
Top